Halfday Workshop : Copywriting dan SEO Bersama Rifky Aritama
Halfday Workshop : Copywriting dan SEO Bersama Rifky Aritama

Rangkaian dari halfday workshop berakhir pada tanggal 11 November 2022 dengan cukup meriah. Dengan tema pembahasan mengenai Copywriting, workshop kali ini menghadirkan narasumber yang tidak lain juga merupakan mahasiwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu Rifky Aritama. Dengan background pengalaman yang cukup banyak dalam bidang penulisan digital, Rifky Aritama merupakan mahasiwa jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan saat ini sedang menjalani magang di Bukalapak sebagai Corporate Content. Acara ini berlangsung dari pukul 13.30 siang dengan dihadiri oleh 60 lebih peserta.

[caption id="attachment_4095" align="aligncenter" width="671"] Gambar 1. Suasana registrasi peserta acara Halfday Workshop[/caption]

Copywriting merupakan salah satu bentuk promosi digital yang tertulis dan dipublikasikan melalui media online. Dengan memiliki beberapa teknik copywriting dianggap cukup penting karena dapat meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap suatu produk tertentu sekaligus menjadi awareness mengenai perhatian konsumen. Maka dari itu copywriting dianggap penting karena dapat mendongkrak popularitas sebuah produk.

Copywriting bukan hanya sekadar menulis suatu headline maupun deskripsi mengenai produk. Dalam mengolahnya menjadi sebuah tulisan yang menarik dibaca oleh orang lain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam copywriting yang dipaparkan oleh Rifky selaku narasumber. Antara lain: produk tersebut ditulis untuk siapa?, apa yang menjadi keunikan dari produk tersebut?, dan media yang digunakan apa saja?

[caption id="attachment_4096" align="aligncenter" width="662"] Gambar 2. Penyampaian materi oleh Rifky Aritama[/caption]

Bahasan lebih lanjut mengenai copywriting disampaikan oleh Rifky dalam pertemuan tersebut. “Kita harus mengetahui juga mengenai produk yang dijadikan sebagai bahan copywriting. Identifikasi juga mengenai problem yang dihadapi, kendala mengapa seseorang belum mengenal produk kamu, sampai identifikasi kompetitor.” ujarnya. Tidak hanya sampai disitu, Rifky juga mengemukakan beberapa tools yang bisa digunakan dalam penulisan copywriting. Hal ini bertujuan agar tulisan yang kamu berikan lebih menarik dengan bahasa yang lebih variatif. Acara ini berlangsung sekitar 2 jam dan diakhiri dengan foto bersama Bu Salamah Agung selaku Ketua dari Pusat Karier UIN Jakarta yang turut memeriahkan halfday workhop: copywriting Jumat kemarin.

[caption id="attachment_4097" align="aligncenter" width="668"] Gambar 3. Foto bersama peserta dan narasumber acara[/caption]