Halfday Workshop: Introduction to Digital Marketing Bersama Kak Jonathan
Halfday Workshop: Introduction to Digital Marketing Bersama Kak Jonathan

Hari kedua dari dilaksanakannya halfday workshop dengan tema Digital Marketing berlangsung dengan sangat baik. Dihadiri oleh 60 lebih peserta, acara workshop ini kembali dilaksanakan secara offline di Teater Zakiah Darajat Fakultas Psikologi UIN Jakarta pada tanggal 10 November 2022. Masih dari rangkaian Future Career Fair 2022, workshop kali ini menghadirkan narasumber yang memiliki background sebagai Senior Digital Marketing dari sebuah edutech company yang cukup besar yaitu, Cakap.

[caption id="attachment_4101" align="aligncenter" width="629"] Gambar 1. Suasana Peserta Workshop Digital Marketing[/caption]

Pengenalan mengenai Digital Marketing dibahas ketika awal penyampaian materi. Kak Jonathan sebagai narasumber menyampaikan bahwa aktivitas marketing yang terjadi di media digital memiliki banyak sekali tujuan yang lebih luas, bukan hanya berfokus pada penjualan namun juga pada branding, customer engagement, dan interest generation yang mana di dalamnya juga memuat 3 komponen besar yaitu metode, channel, dan ecommerce.

[caption id="attachment_4102" align="aligncenter" width="635"] Gambar 2. Penyampaian materi oleh Kak Jonathan[/caption]

Digital marketing menjadi topik yang saat ini juga banyak dibicarakan. Prospek dan juga task yang dilakukan digital marketer sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini yang menuntut manusia sebagai user dan buyer memahami konsep penjualan yang punya banyak peluang. “Saat ini kita mengenal istilah inbound dan outbound marketing yang mana keduanya memiliki konsep yang berbeda dalam penyampaian komunikasinya. Teknik dalam inbound marketing perusahaan lebih mengkomunikasikan pesan umum secara massal terlepas konten tersebut relevan atau tidak, sementara dalam inbound marketing lebih dipersonalisasikan sesuai dengan pengguna agar lebih relevan.” ujarnya dalam penyampaian materi. Beberapa pertanyaan juga diajukan oleh peserta kepada Kak Jonathan mengenai digital marketing tersebut.

[caption id="attachment_4103" align="aligncenter" width="628"] Gambar 3. Sesi tanya jawab dengan peserta[/caption]

Dengan pengalamannya sebagai seorang digital marketer di perusahaan startup Kak Jonathan memiliki banyak insight dari hasil pengalamannya terdahulu. Beliau juga memahami betul mengenai The Buyer’s Journey, melihat dari kecenderungan pembelian yang dilakukan oleh customer hingga teknik-teknik marketing yang digunakan. Acara ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada Kak Jonathan selaku narasumber.

[caption id="attachment_4104" align="aligncenter" width="625"] Gambar 4. Penyerahan sertifikat kepada pemateri[/caption]