Penguasaan Literasi Informasi dan Grammarly Tools: Kunci Sukses Penulisan Ilmiah di Era Digital
Dalam era digital yang serba cepat, kemampuan untuk mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif menjadi keterampilan penting, terutama di kalangan akademisi. Literasi informasi membantu mahasiswa mengidentifikasi sumber-sumber informasi yang kredibel dan relevan untuk penelitian, sementara penggunaan alat seperti grammarly tools semakin mempermudah proses penulisan ilmiah. Grammarly tidak hanya memeriksa tata bahasa dan ejaan, tetapi juga memberikan saran untuk meningkatkan kejelasan dan kesesuaian gaya penulisan, sehingga hasil karya akademik lebih terstruktur dan bebas dari kesalahan. Kombinasi literasi informasi dan penggunaan Grammarly Tools memungkinkan mahasiswa menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan profesional.
19 September 2024. Program Magister Psikologi Fakultas Psikologi UIN Jakarta sukses menggelar kegiatan literasi informasi dan penggunaan grammarly tools, yang dihadiri oleh para mahasiswa magister dan dosen. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Magister Psikologi, Dr. Natris Idriyani, M.Si., Psikolog, dan Sekretaris Program Studi, Dr. Layyinah, M.Psi, serta dukungan staf perpustakaan psikologi Nenden Serena, S.IP, dan Achmad Isyadea Fauzzan Putra, S.IP.
Selain itu, Septian Nurhakim, S.IP, sebagai narasumber utama, membagikan wawasan tentang Literasi Informasi memberikan panduan tentang pentingnya literasi informasi dalam dunia akademik, khususnya dalam pencarian dan pengelolaan sumber informasi yang valid dan terpercaya dan penggunaan Grammarly Tools dalam penulisan akademik, sebuah perangkat digital yang membantu memastikan tata bahasa dan struktur tulisan sesuai dengan standar internasional.
Dr. Natris Idriyani dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk memperkuat kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. “Mahasiswa magister dituntut tidak hanya mampu mencari informasi yang kredibel, tetapi juga menyajikannya dalam bentuk tulisan yang jelas, terstruktur, dan sesuai kaidah akademik, tidak ada alasan untuk bilang susah dan belum diperkenalkan atau belum diajarkan” ujarnya.
Dalam sesi literasi informasi, para peserta mendapatkan penjelasan mendalam tentang cara mengakses jurnal-jurnal ilmiah, e-books, dan sumber daya lainnya melalui perpustakaan digital UIN Jakarta.
Sementara itu, dalam sesi literasi informasi “Dengan kemampuan literasi informasi yang baik, mahasiswa dapat lebih kritis dalam memilih sumber-sumber yang relevan untuk penelitian mereka”ungkap septian. Kemuadian penggunaan Grammarly Tools, septian memaparkan bagaimana aplikasi ini bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris, memastikan tulisan mahasiswa bebas dari kesalahan tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan. “Grammarly dapat menjadi asisten virtual yang sangat berguna bagi mahasiswa yang sedang menyusun tesis atau artikel ilmiah. Selain memeriksa kesalahan, aplikasi ini juga memberikan saran untuk meningkatkan kualitas tulisan,” tambah Septian.
Para mahasiswa menyambut baik kegiatan ini, dengan beberapa di antaranya menyatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu dalam proses penulisan tugas dan penelitian. “Tidak hanya tentang mencari informasi, tapi bagaimana menyajikannya dengan baik, itulah yang saya pelajari hari ini,” ungkap salah satu peserta.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa magister Psikologi UIN Jakarta dapat lebih siap dan kompeten dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi, baik dari segi konten maupun bahasa, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Program Magister Psikologi UIN Jakarta untuk terus mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa dalam dunia akademik yang dinamis.
-Psycology For a Better Life-