Seminar Nasional “Isu-isu Terkini dalam Riset Psikologi Pendidikan” Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Kegiatan Seminar Nasional Fakultas Psikologi yang pertama tahun ini mengusung tema “Isu-isu Terkini dalam Riset Psikologi Pendidikan”. Isu ini diambil dengan tujuan untuk memberikan inspirasi bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa magister sains pendidikan yang sedang mencari judul untuk tesisnya. Tema initercetus juga berdasarkan evaluasi dari pembimbing dan dosen magister pendidikan bahwa mahasiswa cenderung untuk mengambil tema yang kurang lebih sama dari tahun ke tahun dan kadangkala justru tidak terlalu terkait dengan bidang psikologi pendidikan.
Suatu tantangan tersendiri memang bagi para mahasiswa yang akan melakukan penelitian dan juga pelaksanaan serta menyelesaikan tugas akhirnya, karena ada beberapa mahasiswa yang tidak berlatar belakang pendidikan psikologi. Mahasiswa dirasa perlu memahami topik-topik ataupun tema riset yang menarik dan up-dating sesuai kebutuhan saat ini. Pada dekade belakangan ini, riset psikologi pendidikan sudah mulai bergerak ke arah bagaimana kondisi yang terjadi saat guru maupun siswa melaksanakan proses belajar, yang saat ini sedang menjalani proses belajar dengan jarak jauh maupun dengan system online.
Seminar ini bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh inspirasi maupun ide-ide cemerlang dalam riset psikologi pendidikan dan juga dapat melakukan penelitian yang up to date sesuai perkembangan zaman terkait isu-isu terkini dalm riset psikologi pendidikan secara umum, maupun isu-isu dalam riset terkini dalam kajian psikologi pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
[caption id="attachment_3665" align="aligncenter" width="482"] Gambar 2. Moderator sedang mengenalkan narsum kepada peserta[/caption]Adapun tema-tema ataupun isu penting terkni yang dapat menginspirasi mahasiswa maupun dosen dalam penelitian psikologi pendidikan, dapat diilhat dari input, process maupun out put dalam proses pendidikan. Isu-isu yang dapat dijadikan bahan penelitian bila dilihat dari sisi input, diantaranya adalah minat, harapan, motivasi, kepribadian, emosi, regulasi diri, keemasan saat mengajar, keputusan karir, kesiapan sekolah, minat belajar anak denga kebutusan khusus dan sebagainya. Untuk isu-isu terkini dalam riset proses pendidikan diantaranya iklim kleas, gaya mengajar, pendidikan inklusi, class room engagement time on task behavior, system evaluasi belajar, harapan dan keberhasilan siswa dalam belajar, dan sebagainya. Dan untuk isu-isu terkini dalam riset psikologi pendidikan bila dilihat dari out putnya, yaitu prestasi di kelas atau di sekolah, hasil dari tes pestasi school well being, capaian belajar anak berkebutuhan khusus, dan sebagainya.
Seminar ini juga merupakan salah satu langkah yang akan dilakukan pihak Fakultas untuk mencapai peningkatan kualitas keilmuan dan kemampuan riset sivitas akademika di Fakultas Psikologi dalam bidang kajian penelitian adalah dengan melaksanakan pengayaan dan penguatan dalam keilmuan metodologi penelitian dan pengukuran psikologi, terutama dalam bidang psikologi pendidikan dan kehususan Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Mahasiswa diharapkan memahami dan menghayati konsep-konsep, metode-metode penelitian psikologi dan desain riset serta teknik-teknik pengukuran psikologi terutama psikologi pendidikan yang mutakhir (terkini), sehingga mahasiswa Fakultas Psikologi tidak tertinggal dalam pembaharuan-pembaharuan riset pada bidang psikologi pendidikan saat ini. Seminar ini juga bertujuan untuk memotivasi dan menginspirasi mahasiswa psikologi yang tertarik dengan riset-riset terkini dalam bidang psikologi pendidikan dan psikologi pendidikan anak berkebutuhan khusus.
[caption id="attachment_3666" align="aligncenter" width="474"] Gambar 3. Peserta Seminar Nasional[/caption]