Webinar Entrepreneurship : How to be a Creative and Innovative Studentpreneur with Digital Marketing Strategy
Webinar Entrepreneurship : How to be a Creative and Innovative Studentpreneur with Digital Marketing Strategy

Dalam rangka menjalankan program kerja DEMA-F Psikologi Kabinet Daya Cipta Periode 2022/2023, Departemen Ekonomi Kreatif merealisasikan kegiatan berbincang bersama atau webinar interaktif. Kegiatan Webinar Entrepreneurship dengan judul “How to be a Creative and Innovative Studenpreneur with Digital Marketing” ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan menghadirkan semangat pada mahasiswa dan umum, sehingga mereka dapat menyadari pentingnya pengetahuan bagi para pelajar mengenai bagaimana menjadi studentpreneur yang kreatif dan inovatif dengan strategi digital marketing, serta dapat membaca peluang usaha, dan menjalankan usaha dengan profesional.

Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2022 pukul 13.00 WIB secara online via Zoom Meeting. Webinar Entrepreneurship mengundang narasumber yang berkonsentrasi pada bidangnya, yaitu Tri Handoyo atau yang sering disapa dengan panggilan Kak Teha. Beliau merupakan digital marketer sekaligus founder Mudahmemulai.

[caption id="attachment_3936" align="aligncenter" width="936"] Gambar 1.[/caption]

Pembahasan awal yang disampaikan Kak Teha mengenai keunggulan dari “Digital Marketing”, yaitu informasi dapat tersebar lebih cepat, biayanya lebih murah, dan tidak perlu sewa tempat untuk membangun wirausaha. Setelah itu, Kak Teha juga membagikan sedikit perjalanannya sebagai content creator yang dimulai pada bulan Maret 2020 dengan followers di akun instagramnya hanya sebanyak 29 followers, kemudian di bulan Mei – September beliau menemukan sebuah akun yang membahas mengenai instagram marketing; yang akhirnya dapat “mengubah hidupnya”.  Dan kini akun Mudahmemulai merupakan akun kedua Kak Teha yang telah mencapai 20k lebih followers. Kak Teha juga memberikan quotes agar memotivasi para peserta, yaitu “Berhasil dan gagal berasal dari pikiran. Jagalah pikiran selalu positif dan berani untuk melangkah, jangan ragu”. Beliau juga mengutip salah satu ayat Al-Qur’an “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri” (QS. Ar-Ra’d: 11).

[caption id="attachment_3937" align="aligncenter" width="704"] Gambar 2.[/caption] [caption id="attachment_3938" align="aligncenter" width="705"] Gambar 3.[/caption]

Selanjutnya Kak Teha menjelaskan bagaimana strategi dari digital marketing itu sendiri. Pertama-pertama, seorang entrepreneur harus mengubah mindsetnya terlebih dahulu, yaitu harus konsisten, fokus pada tujuan, dan percaya pada proses yang dijalani; kedua, dapat menentukan market yang tepat; ketiga, dapat menentukan platform yang akan digunakan, lebih banyak platform yang digunakan lebih baik; keempat, menciptakan atau mengeluarkan produk yang unik; dan yang terakhir, perbanyak traffic (pengunjung). Pada closingstatement Kak Teha memberikan kata motivasi “Kalau hasilmu gitu-gitu aja bisa jadi karena usahamu baru gitu-gitu aja”. Kemudian dilanjut dengan penyerahan sertifikat untuk pemateri, dan dokumentasi foto bersama pemateri.

[caption id="attachment_3939" align="aligncenter" width="757"] Gambar 4. Penyerahan Sertifikat Pemateri, Dokumentasi Foto, Ice Breaking[/caption]

Pada kegiatan ini antusias peserta cukup baik, dibuktikan dengan 90 peserta yang hadir dan interaksi aktif antara narasumber, dengan peserta. Sebelum acara berakhir panitia mengadakan ice breaking berupa kuis menggunakan website Kahoot. Bagi peserta dengan peringkat tiga teratas akan mendapatkan doorprize berupa tumbler. Dan kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama.